was successfully added to your cart.

e027cbf93ba68852e42e4b4229c90ec4

Cegah Masalah Rambut Botak Sedini Mungkin

By February 3, 2016Uncategorized

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang harus anda perhatikan. Menarik atau tidaknya penampilan anda salah satunya ditentukan oleh rambut yang sehat dan berkilau. Namun tidak jarang, berbagai masalah yang berhubungan dengan rambut muncul seperti kerontokan, mudah patah hingga rambut yang bercabang. Salah satu efek kerusakan rambut yang dibiarkan adalah kebotakan. Jika tejadi demikian, sulit untuk menumbuhkan rambut anda kembali, meski kemungkinan tersebut tidak tertutup. Daripada anda menumbuhkan rambut, lebih baik mencegah masalah rambut botak sejak dini. Pencegahan kebotakan merupakan hal yang muda, dan tentu lebih murah. Apa saja langkah-langkah dalam mencegah kebotakan? Simak beberapa penyebab kebotakan di bawah ini, agar anda bisa menghindarinya sedini mungkin.

Penyebab masalah rambut botak yang pertama adalah fakto genetik. Faktor ini diturunkan dari ayah atau ibu anda. Caranya yaitu dengan melihat saudara-saudara anda, agar anda bisa mengetahui indikasi faktor genetik ini. Jika anda laki-laki, coba perhatikan apakah ayah anda mengalami kebotakan atau tidak, begitu juga jika anda adalah seorang perempuan coba perhatikan rambut ibu anda. Secara umum kebotakan yang disebabkan faktor genetik sulit anda cegah. Sedangkan faktor penyebab kebotakan lainnya yaitu pengobatan penyakit. Jika anda mengidap penyakit seperti kanker atau diabates, ada kemungkinan anda mengalami kebotakan. Kemotrapi untuk penderita kanker dapat menyebabkan kebotakan dini. Meski setelah terapi selesai, rambut anda akan kembali tumbuh seperti semula.

Faktor lainnya yaitu stres. Stres mudah menyerang siapa saja, namun jika anda sering mengalami stres resiko kebotakan semakin besar. Stres dalam jangka panjang dapat menggangu hormon yang ada di dalam tubuh. Akibatnya rambut anda akan menipis dan menjadi botak. Untuk mengatasinya, hindari stres. Berikan liburan dan bersenang-senang pada diri anda, dengan begitu stres anda bisa berkurang. Stres merupakan penyebab masalah rambut botak pada orang-orang yang masih muda. Bahkan pada umur 20an, jika kerap mengalami stres kemungkinan kebotakan juga tidak dapat dielakan.

Faktor masalah rambut botak yang lainya yaitu penggunaan shampo yang berlebihan. Disarankan untuk tidak terlalu sering keramas menggunakan shampo buatan. Kulit kepala anda mengandung minyak khusus, dan jika anda sering keramas kandungan kimia dalam shampo akan mengendap di kulit kepala anda. Akibatnya berbagai masalah rambut muncul seperti mudah patah, kusam, dan rontok. Anda bisa menggunakan bahan alami untuk keramas, seperti lidah buaya atau cuka apel. Penggunaan haridryer yang terlalu sering juga mampu merusak rambut anda. Lebih baik membiarkan rambut anda kering secara alami. Efek penggunaan haridryer yang terlalu sering adalah rambut kering dan bercabang. Itulah beberapa faktor utama penyebab kebotakan, setelah anda mengetahuinya segera ambil tindakan untuk mencegahnya